Welcome to MySide

Inilah Masalah yang Muncul jika Lenovo A1000 Lolipop di ROOT

Liang Tekno - Rooting adalah proses untuk mendapatkan akses penuh perangkat pada Android. Apakah ada kerusakan yang diakibatkan oleh proses rooting? Yup, jawabannya adalah ada. Kalau tidak ada, saya tidak akan menulis artikel ini.

Di sini saya tidak akan menulis/ menjelaskan kerusakan pada perangkat Android secara global, tapi saya akan membahas kerusakan/ hal negatif yang akan ditimbulkan oleh proses rooting pada Lenovo A1000 Lolipop. Based on true story gan, jadi isi artikel ini bisa dibilang fakta karena saya sendiri sudah pernah mengalaminya.

Lenovo A1000 lolipop sendiri adalah perangkat Android keluaran Lenovo yang dirilis pada September 2015 kemarin. Ponsel 4" ini berada disegmen entry-level alias hp murah tapi berani diajak bandel :v
Ilustrasi bimbang untuk melakukan rooting?

Baiklah, langsung saja kepoin-poinnya:

IMEI null alias hilang
Dalam masalah ini ada beberapa jenis masalah hilangnya nomer IMEI yang berbeda.
Yaitu yang pertama, nomer IMEI SIM 1 & SIM 2 null alias hilang, jadi kedua kartu pada perangkat tidak terbaca sama sekali. Seperti gambar dibawah ini.
Gambar Lenovo A1000 Lolipop IMEI SIM 1 Hilang

Yang kedua, kasus yang imeinya hilang pada saat-saat tertentu setelah booting. Jadi nomor imei nya pada salah satu SIM null alias hilang. Pada kasus ini cara menanganinya cukup dengan merestart perangkat Lenovo A1000 Lolipop ini. Berikut tampilannya
Gambar Lenovo A1000 Lolipop IMEI SIM 1 dan 2 Hilang

Yang ketiga ada lagi, yaitu gabungan kedua masalah diatas, yaitu IMEI kadang hilang cuma salah satu SIM & kadang kedua nomer IMEI-nya hilang.

Tidak bisa melakukan update sistem secara OTA karena sistem rusak.
Perangkat Android Lenovo A1000 Lolipop Sobat tidak akan bisa melakukan update sistem/ pembaruan sistem secara OTA (Over The Air). Sobat tidak akan bisa melakukan update sistem/ pembaruan sistem meski sudah melakukan Un-Root, karena Un-Root tidak bisa memperbaiki kerusakan sistem saat Rooting.
Jadi update software/ pembaruan sistem hanya bisa dilakukan dengan proses flashing dengan PC. Atau jika Sobat ingin bisa melakukan update system/ pembaruan sistem secara OTA Sobat harus melakukan flashing terhadap Lenovo A1000 Lolipop Sobat ke rom aslinya/ original rom.

Membatalkan/ merusak garansi.
Ini adalah hal mutlak, sudah merupakan hal wajib jika garansi void/ rusak jika melakukan rooting, karena rooting sendiri adalah proses oprek/ merusak sistem perangkat sendiri.
Meskipun dilakukan Un-Root, system tidak bisa pulih sepenuhnya, sehingga garansi akan tetap void atau rusak. 

Bagaimana? Masih mau melakukan Rooting? Yen wani ojo wedi-wedi, yen wedi ojo wani-wani...

Subscribe to receive free email updates: