Welcome to MySide

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Sendirinya

Baterai laptop habis sendiri - Faktor apa sajakah yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis ? Memiliki baterai laptop habis sendiri mejadi suatu hal yang sangat membingungkan karena baterai merupakan sebuah bagian pada perangkat portable seperti laptop maupun notebok yang sangat vital.
Namun masalah yang sering muncul untuk pengguna laptop bahkan laptop baru sekalipun yaitu baterai cepat habis (ngedrop), dan yang paling mengkhawatirkan baterai tidak mampu bertahan lebih dari lima menit. Mungkin secara tidak sadar yang menyebabkan penggunaan baterai menjadi lebih boros adalah beberapa aplikasi yang aktif dalam suatu sistem operasi baik windows 7 ataupun lainnya.

Suatu peristiwa dimana kita sedang asik bermain game di laptop tiba-tiba laptop mati dengan sendirinya dikarenakan baterai menjadi low lalu baterai laptop habis sendiri. Hal seperti itulah yang seharusnya perlu kita hindari saat menggunakan laptop supaya baterai tetap awet. Lalu mengapa baterai laptop cepat habis ? Sebelum kami memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut sebaiknya anda perlu menjawab dahulu pertanyaan berikut ini :
  1. Apakah laptop banyak virusnya?
  2. Apakah sering membuka aplikasi berat bersamaan dengan aplikasi lainnya?
  3. Apakah ketika baterai laptop anda  low tidak langsung di charger?
  4. Apakah laptop anda dipasang aplikasi yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dari laptop anda?

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis dapat dibilang susah - susah gampang, yang dimaksud menggunakan laptop di sini ialah bagaimana cara menggunakan laptop sekaligus menjaga kualitas laptop terutama baterai laptop untuk menghindari baterai laptop habis sendiri atau ngedrop

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Sendirinya

baterai android cepat habis

Penyebab utama baterai laptop yang cepat habis adalah kurangnya pengetahuan pada pengguna laptop terhadap kondisi baterai dan cara menggunakan baterai laptop sesuai dengan kapasitasnya. Oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab baterai laptop ngedop / cepat habis, namun secara detail penyebab baterai laptop yang tidak awet lama penggunaanya adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan yang sangat berat
  • Penggunaan laptop yang terlalu lama
  • Suhu baterai yang terlalu panas akibat pemakaian yang berlebihan

Kali ini kita akan berbagi pengalaman untuk mencari sumber permasalahan / penyebab baterai laptop habis sendiri dengan melakukan uji diagnosis permasalahan supaya kita dapat mengetahui sebab dari baterai yang kita pakai terlalu boros. Tips berikut ini kita tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, cukup dengan mengetik perintah dasar melalui command prompt yang telah tersedia di dalam Windows. Dan langkah - langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Command Prompt Administrator

  • Windows XP/Vista/7 : klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt. Kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator
  • Windows 8/8.1 : tekan tombol Windows+X, pilih Command Prompt ( Admin )

2. Kemudian ketik perintah "powercfg -energy" > tekan Enter. 

Proses ini membutuhkan waktu hingga 60 detik, tunggu hingga Windows melaporkan detail efisiensi penggunaan daya.Setelah selesai, akan ada penjelasan hasil diagnosis mengenai jumlah errors, warning dan informasi lainnya. Antara lain :
  • Warnings merupakan saran yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kinerja baterai
  • Error merupakan hal yang bisa menjadi acuan penyebab borosnya penggunaan daya baterai
  • Informational merupakan keterangan tambahan hardware dan software yang terpasang dalam sistem

3. Untuk melihat hasil laporan secara detail

Kamu dapat melihat file energy-report berupa html yang dihasilkan dari proses diagnosis. Untuk itu kamu cukup membuka link C:\Windows\System32\energy-report.html menggunakan web browser atau membukanya secara manual melalui Windows Explorer.

baca juga artikel lainnya :
Daftar Harga Laptop Murah Dibawah 2 Jutaan Tahun 2016
Daftar Harga Laptop Murah Dibawah 3 Jutaan Terbaru

Demikian pertemuan kita kali ini yang telah membahas mengenai faktor yang membuat baterai cepat habis. Semoga dengan menjalankan tips diatas dapat membantu anda mengenai apa saja penyebab yang membuat baterai cepat habis. Sekian dan terima kasih ..

Subscribe to receive free email updates: