Welcome to MySide

Awas...!! Inilah Resiko Terlalu Lama Duduk Bagi Pekerja Kantoran

Awas...!! Inilah Resiko Terlalu Lama Duduk Bagi Pekerja Kantoran
Duniainformasikesehatan.com - Pekerja kantoran sangat identik dengan duduk terlalu lama sambil menatap layar komputer. Meraka harus menjalankan rutinitas ini setiap hari, demi tuntutan pekerjaan mereka.Selain membuat tubuh kurang gerak, ternyata ada dampak yang cukup merugikan dari duduk terlalu lama.

Kondisi ini seringkali dikait-kaitkan dengan resiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu, anda wajib mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan mengetahui apa penyebabnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas of Warwick, Inggris menyebutkan jika duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan pinggang. Studi yang dipimpin Dr Willian Tigbe yang berasal dari Warwick Medical School ini menemukan fakta. Apabila pekerja yang duduk di atas kursi dalam waktu lama bisa menyebabkan pelebaran pinggang dan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih besar.

Jadi tidak heran, apabila banyak penelitian yang menganjurkan kepada anda supaya lebih aktif. Minimal, anda harus berdiri dari kursi dan tidak menatap layar komputer selama 7 jam sebagai langkah awal mencegah penyakit jantung. Pastinya anda tidak ingin bukan, uang anda habis hanya untuk berobat nanti?

Dr Trigme meneliti 111 pekerja postal di Royal Mail,Glasgow, Inggris. Beliau memonitor aktivitas mereka dalam kurun waktu 7 hari. Lebih rincinya, 56 orang bertugas mengantarkan pos, sedangkan 55 orang bekerja sebagai pegawai kantor.

Penelitian tersebut menunjukkan, adanya perbedaan kedua kelompok tadi. Mereka yang bekerja sebagai pegawai kantor, mempunyai lingkar pinggang lebih besar yaitu 97 cm daripada mereka yang bertugas mengantarkan pos. Perbedaan indeks masa tubuh berkisar antara 1unit. Ia mengungkapkan, jika setiap penambahan 1 cm mengalami peningkatan sebesar 0,2%.

Sedangkan bagi mereka yang duduk terlalu lama mempunyai peningkatan resoiko kaldiovaskular untuk 10 tahun ke depan. Tak cukup sampai disitu saja, kadar kolesterol baik menurun dan kolesterol jahat akan meningkat setiap jam duduk.

Dr Trigbe juga mengungkapkan, jika ingin menurunkan resiko tersebut setidaknya anda harus berjalan hingga 15.000 langkah dalam sehari. Dengan demikian anda bisa mencegah terjadinya serangan jantung di masa mendatang.

Subscribe to receive free email updates: