Welcome to MySide

Hp Android Tidak Bisa Konek Internet ? Begini Cara Mengatasinya

Koneksi internet android bermasalah - Bagaimana cara mengatasi hp android yang tidak bisa konek internet ? Tentu merupakan suatu masalah yang sangat besar jika hp android tidak bisa akses internet atau tiba - tiba ponsel android  yang kita miliki tidak muncul data seluler sehingga hp android tersebut tidak dapat digunakan untuk internetan. Tidak bisa akses internet di hp android yang dimaksud disini adalah ketika kita menghidupkan jaringan internet namun kita tetap saja tidak bisa browsing menggunakan browser yang ada namun tidak hanya berhenti di situ saja, ketika kita akan chatting menggunakan bbm, whatsapp, ataupun facebook messanger semuanya hanya berstatus pending. Akan tetapi meskipun paket data sudah hidup dan hp android tidak bisa dikoneksikan ke internet, kita masih dapat mengirim ataupun menerima pesan singkat (sms) dan telepon.

Dalam kasus hp android tidak bisa buka internet pasti akan sangat mengganggu para pengguna smartphone android terlebih lagi bagi mereka yang harus bekerja dengan dukungan perangkat android yang harus terkoneksi ke internet. Tidak dipungkiri jika kita mencari tahu penyebab hp android tidak bisa akses internet pasti sangatlah banyak faktor yang mempengaruhinya, namun satu hal yang harus kita cari tahu terlebih dahulu adalah sisa kuota dari paket data kartu sim yang sedang kita gunakan di ponsel ataupun tablet android. Lalu adakah solusi yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi android yang tidak bisa connect ke internet tersebut ? Sebab paket data android tidak berfungsi jika kita biarkan terus menerus akan mengakibatkan diri kita tertinggal jauh dari dunia internet.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba berbagi tips yang dapat digunakan untuk mengatasi smartphone android tidak bisa akses internet. Tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk memperbaiki masalah koneksi internet tersebut sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service hp android yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara memperbaiki hp android tidak bisa konek internet yang sudah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Hp Android Tidak Bisa Konek Internet ? Begini Cara Mengatasinya

cara mengatasi hp android tidak bisa terkoneksi dengan internet

Cara mengatasi koneksi internet android yang bermasalah


1. Check Kuota Internet Pada Kartu Sim Yang Anda Gunakan

  • Cara mengatasi hp android yang tidak bisa koneksi ke internet yang paling mudah untuk kita lakukan adalah memeriksa ketersedian kuota internet pada kartu yang kita gunakan. Tidak sedikit pengguna android yang mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan jika kuota internet yang tinggal sedikit membuat aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

2. Sesuaikan Jam Beserta Kalender Ponsel Android

  • Salah satu hal yang menjadi penyebab hp android tidak bisa buka internet adalah ketidak cocokan jam dan kalender ponsel android. Oleh karena itu kita perlu untuk mengatur ulang jam dam kalender tersebut supaya hp android yang kita miliki dapat terkoneksi dengan internet kembali.


3. Periksa Aktivasi Koneksi Data Internet Di Hp Android

Seringnya bergonta - ganti kartu sim biasanya sering membuat para pengguna android lupa untuk mengaktifkan kembali data internet hp android miliknya tersebut. Untuk mengaktifkan koneksi data internet dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • SettingWireless and NetworkMobile Network kemudian centang Use Packet Data

4. Aktifkan Flight Mode (Mode Pesawat)

  • Mengapa untuk mengatasi smartphone android tidak bisa koneksi ke internet kita malah melakukan aktifasi mode pesawat ? Sebab Flight Mode dapat digunakan untuk memancing sinyal yang tadinya buruk bahkan sampai menghilang agar normal kembali. Sederhananya cara ini digunakan untuk merefresh sinyal yang tidak bisa untuk internetan.

5. Bersihkan Cache Dan Riwayat

  • Aplikasi yang berjalan menggunakan koneksi internet di hp android biasanya tidak dapat digunakan apabila kapasitas internal memori pada perangkat android tersebut sudah hampir penuh. Untuk itu diperlukan untuk menghapus cache supaya aplikasi hp android dapat menerima data melalui koneksi internet.

6. Setting / Tambah APN Dari Kartu Sim Yang Digunakan

Pengaturan APN jaringan pada smartphone android berfungsi supaya koneksi internet berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk menyeting APN di ponsel android dapat kita lakukan dengan cara :
  • Masuk ke pengaturan setelah itu pilih jaringan seluler kemudian pilih operator yang sedang anda gunakan.

baca juga :
  1. Cara Memperbaiki Sim Card Tidak Terbaca Di Ponsel Android
  2. Cara Mengatasi Sinyal Sering Hilang Pada Hp Android

7. Matikan Dan Kemudian Hidupkan Kembali Hp Android

Jika dari semua cara diatas sudah anda lakukan dan belum membawa hasil yang positif untuk mengatasi hp android tidak bisa konek internet maka coba restart ponsel android tersebut dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama - tama matikan hp android tersebut kemudian cabut baterai dan diamkan hingga 5 sampai 10 detik dengan tujuan sudah tidak ada lagi aplikasi yang masih berjalan, setelah itu hidupkan hp android tersebut dan periksa apakah ponsel android tersebut sudah dapat pakai untuk internetan atau belum.

8. Reset Hp Android Kembai Ke Pengaturan Pabrik

Factory reset atau yang sering kita kenal dengan kembali ke pengaturan pabrik dapat dipakai sebagai cara mengatasi hp android yang gak bisa konek internet. Cara untuk melakukan factory reset dapat anda lakukan dengan landkah sebagai berikut :
  • Masuk ke menu pengaturan >> kemudian pilih buat cadangan & setel ulang >> lalu pilih kembalikan ke setelan pabrik.

Dari semua cara diatas baiasanya sudah dapat digunakan untuk mengatasi paket data android tidak berfungsi terlebih lagi jika anda sudah sampai pada langkah terakhir diatas. Namun jika masalah koneksi internet tersebut belum teratasi juga itu artinya terdapat kemungkinan jika smartphone android sudah di unlock, sebagai solusinya maka anda perlu untuk melakukan instal ulang ponsel atau flasing. Sebab unlock android dengan menginstal Stock ROM yang bukan dari bawaan asli hp android tersebut dapat mengakibatkan terjadi bugnya dan tidak dapat terkoneksi ke internet. Oleh karena itu kita perlu melakukan flash firmware yang sesuai dengan bawaan ponsel android tersebut.


Demikian postingan kami kali ini mengenai alasan dan cara mengatasi hp android tidak bisa internet yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kita kali ini. Dan apabila sinyal yang muncul pada hp android anda memang tidak bisa maksimal untuk digunakan internet, cobalah ganti menggunakan kartu sim yang lain karena setiap tempat / daerah memiliki jaringan yang berbeda - beda. Sekian dan terima kasih ..

Subscribe to receive free email updates: