Welcome to MySide

Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh yang Tidak Bisa Disentuh

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Tidak Merespon / Eror - Bagaimana cara memperbaiki layar sentuh hp android tidak merespon ? Pernahkah anda mengalami smartphone android atau HP layar sentuh yang anda miliki tiba-tiba layar sentuhnya tidak berfungsi sebagian. Pada masa saat seperti ini tidak sedikit orang lebih menggunakan handphone tanpa fiture layar sentuh atau sering dikenal dengan touchscreen karena pernah kecewa setelah dahulu memilih HP layar sentuh karena berbagai alasan. Jauh berbeda dengan masa lalu yang dimana heboh dengan penjualan handphone layar sentuh

Jika anda sedang mengalami masalah pada layar sentuh ponsel / tablet android yang tidak bisa disentuh jangan terburu-buru untuk mengganti layar touchscreen hp tersebut, karena ada kalanya layar sentuh hp android anda masih bisa untuk diperbaiki daripada dengan mengganti layar hp yang harganya cukup mahal . Salah satu faktor yang mempengaruhi layar sentuh hp android error atau touchscreen tidak berfungsi, diantaranya :

Touch Screen HP China

  • Beberapa produk HP dari China dengan keunggulan layar sentuh sering kali yang kami jumpai ketika layar sentuh rusak sudah tidak bisa diperbaiki lagi, karena sulitnya mencari komponen pengganti dari layar sentuh tersebut, dengan pengecualian HP china yang memiliki brand terkenal dipasaran dan tersedia spare part pengganti apabila sewaktu-waktu rusak.

Hp Smartphone Anda Terendam Air

  • Kejadian seperti ini pernah saya alami sendiri, yaitu saat HP Android teman saya pinjam, secara tidak sengaja saya masukan ke air. Meskipun didalam air tapi layar HP nya masih nyala, padahal bukan Android tahan air. Nah setelah itu langsung saya ambil dari bak air lalu saya matikan. Lalu berdasarkan ilham teman, saya diberi tips memperbaiki layar sentuh tidak merespon supaya memasukannya ke wadah yang diberi beras ??? Memang pertamanya saya tidak percaya namun setelah saya praktikan sendiri ternyata berhasil dan HPnya bisa normal kembali meskipun beberapa menit saya tinggalkan berendam di dalam air. Berikut cara touchscreen tidak berfungsi karena terendam air :
Sediakan wadah berukuran sedang lalu masukan beras di dalamnya. Dalam HP keadaan mati, bongkar semua bagian HP Anda seperti casing dan baterai lalu masukan ke dalam wadah beras tadi. Diamkan selama 2-3 hari sampai air yang terdapat pada HP Anda diserap habis oleh beras tersebut. Nah insyaalloh setelah itu HP Anda akan kembali normal. 

Setelah melihat artikel kami diatas tentang penyebab tidak berfungsinya touchscreen pada ponsel,mungkin dapat dicoba bagi anda yang sedang mencari cara memperbaiki layar sentuh. Dan pada pertemuan kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memperbaiki hp layar sentuh yang error.

Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh yang Tidak Bisa Disentuh


cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

Apabila touchscreen tidak berfungsi sebagian terjadi pada smartphone android yang kita miliki namun pada bagian layar sentuh touchscreen tidak retak atau pecah namun apabila disentuh salah satu sisi layarnya malah menjadi liar atau terlalu sensitif, maka kita dapat mengatasi touchscreen susah disentuh pada hp android yang kita miliki tersebut dengan cara sebagai berikut :

Cara mengatasi layar sentuh (Touchscreen) yang tidak berfungsi sebagian / error : 


1. Pengecekan

Pastikan layar ponsel Anda tidak mengalami retak atau pecah. Jika seperti itu maka kemungkinan besar untuk diperbaiki sangat kecil dan harus diganti.

2. Kalibrasi layar sentuh hp android

Apabila layar sentuh tidak retak atau pecah tapi ketika disentuh salah satu layarnya "liar atau terlalu sensitif" maka Anda hanya perlu memperbaiki settingan di pengaturan ponsel Anda. Biasanya di setiap HP touchscreen pasti memiliki pengaturan kalibrasi atau Calibiration. Cara kalibrasi layar sentuh :
layar sentuh

  • Buka menu pilihan kalibrasi tersebut.
  • Lalu layar Anda akan mengalami blank putih, Nah jangan kaget gan karena memang harusnya seperti itu. tak berselang lama akn muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  • Klik tepat di titik kalibrasi, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kamu ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai
  • Setelah itu touchscreen Anda akan kembali normal kembali
3. Factory Reset

Apabila cara diatas belum bisa mengatasi kerusakan layar sentuh HP Anda, silakan gunakan cara mereset ulang android seperti dari pabrik.

Jadi perlu untuk kita ketahui pada intinya masalah pada layar sentuh yang tidak merespon sering kali berasal dari kaca touchscreen pecah, respon lemah, firmware yang rusak serta terdapat kabel yang saling bersentuhan yang mengakibatkan touchscreen hp android android gerak - gerak sendiri atau malah layar sentuh android yang tidak berfungsi sama sekali.

baca juga :  

Demikian artikel kami yang membahas tentang layar touchscreen tidak berfungsi sebagian / layar sentuh kurang sensitif, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut, terima kasih ..

Subscribe to receive free email updates: