Welcome to MySide

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal
Duniainformasikesehatan.com - Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki peranan sangat penting bagi tubuh. Tidak jauh berbeda dengan jantung, kita pun harus senantiasa menjaga kesehatannya. Namun tanpa disadari, hal-hal sepele yang biasa kita lakukan ternyata mampu merusak ginjal dan membuatnya tidak berfungsi secara maksimal.

Maka dari itu, mulai sekarang kita harus berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Sehingga ginjal tetap sehat dan berfungsi secara normal. Simaklah ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

Belum banyak orang yang menyadari jika konsumsi gula berlebih bisa merusak ginjal. Kadar gula yang berlebih nantinya akan memicu tingginya protein dalam tubuh, sehingga membuat ginjal merasa terbebani. Bahkan, apabila air seni mengandung tinggi protein, hal tersebut bisa menjadi pertanda dari masalah ginjal.

2. Kurang tidur

Begadang adalah kebiasaan buruk yang akan merusak ginjal anda. Hal sepele ini seringkali dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Namun perlu anda ketahui, jika kesehatan ginjal akan terganggu ketika tubuh kekurangan tidur. Hanya ketika tidur, tubuh bisa memperbaiki jaringan-jaringan ginjal yang rusak.

Untuk itu,cukupilah kebutuhan tidur anda. Tidurlah minimal 8 jam dalam sehari. Dengan demikian, tubuh bisa kembali fresh dan memperbaiki bagian-bagian yang rusak.

3. Terlalu banyak mengkonsumsi daging

Bagi anda yang ingin kesehatan ginjalnya terjaga, maka batasilah konsumsi daging. Meskipun terasa lezat, ternyata makan daging secara berlebihan bisa merusak ginjal untuk jangka panjang. Hal ini disebabkan oleh tingginya protein yang ada di dalam daging. Kandungan tersebut bisa membebani ginjal anda.

Jika hal ini terus dibiarkan maka beban yang akan ditanggung oleh ginjal juga semakin besar. Tentunya dalam jangka panjang akan memberi dampak sangat buruk.

4. Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan

Tidak hanya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan retensi air saja. Akan tetapi, konsumsi garam berlebih juga bisa mengganggu kesehatan ginjal anda. Ginjal yang kelebihan garam sangatlah sulit untuk disembuhkan, maka dari itu mulai sekarang batasilah konsumsi garam. Demi kesehatan ginjal dan anggota tubuh lainnya.

5. Kurang Minum Air Putih

Ketika anda kurang minum air putih, maka sirkulasi darah akan terganggu.Bahkan, ginjal tidak bisa bekerja secara maksimal dalam membasi racun dalam tubuh. Kondisi ini pastinya sangat buruk bagi kesehatan ginjal, ginjal akan dipenuhi oleh racun yang sangat berbahaya.

Jadi, konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas/hari untuk menjaga kesehatan ginjal.

Subscribe to receive free email updates: