Welcome to MySide

Solusi Internal Memori Android Penuh Padahal Tidak Ada File tersimpan dan Aplikasi yang Terinstal Sedikit

Liang Tekno - Punya Android bro? Memori internal nyesek alias penuh? Padahal file seperti foto, video dan musik ada di kartuSD eksternal dan aplikasi yang terinstal hanya sedikit. Kita sama Sob... Ini adalah masalah besar Sob, bagaimana tidak, saat ingin mendownload game atau aplikasi di Play Store selalu ada notifikasi memori penuh, padahal kita hanya menginstal sedikit aplikasi dan berkas seperti foto, musik dan video kita simpan di memori eksternal. Lak yo wasu...
Ilustrasi memori internal android penuh

Tapi tenang, karena saya memiliki beberapa cara untuk melegakan memori internal tersebut. Bagaimana caranya? Silahkan simak tutorial lengkapnya untuk melegakan internal memori di android dengan tepat dan jitu. Bagaimana caranya? Silahkan simak beberapa cara untuk melegakan memori internal berikut:

  • Hapus/ Pindahkan file foto, musik dan video yang tidak berguna di memori internal android Sobat. Gunakan fitur file analisis di ES Pengelola Berkas untuk membantu proses ini.
Menganalisis file untuk membantu mengelola file

  • Hapus atau uninstal aplikasi yang tidak Sobat gunakan.
Ilustrasi menguninstal aplikasi yang tidak terpakai di Android

  • Hapus file sampah (cache) di androidmu. Pergi ke Pengaturan > Penyimpanan > Penyimpanan Internal > pilih Data dalam cache > Oke
Menghapus cache di Android

  • Hapus folder .thumbnail di memori internal dan eksternal di Android Sobat. Pergi ke memori internal > DCIM > .thumbnails (folder ini).
Informasi folder .thumbnails yang merupakan folder sampah

  • Factory Reset. Ini adalah opsi terakhir bila semua cara diatas sudah dilakukan tapi memori internal masih nyesek.

Mungkin cukup sekian artikel saya kali ini tentang cara melegakan memori internal android yang nyesek atau penuh padahal tidak diisi file. Tutorial ini bisa dipakai di Smartphone Android Asus, Nokia, Lenovo, Huawei, Samsung, Acer, Xiaomi, dll.

Subscribe to receive free email updates: