Welcome to MySide

Cara Cepat dan Mudah Menghapus Cache pada Android Tanpa Aplikasi

Liang Tekno - Mungkin banyak orang yang tahu jika cache pada di Android perlu dihapus, banyak orang yang menganggap bahwa cache adalah file sampah, tapi apa sih cache itu sebenarnya? Cache sebenarnya adalah.... Ya cache. Demikian intro pemanjang artikel saya. Untuk informasi berkaitan tentang cache bisa Sobat lihat di Teknopedia disini. (Masih dalam proses).

Baiklah, seperti sampah, cache diproduksi oleh aplikasi dan sistem Android secara kontinyu alias terus menerus. Itu menyebabkan cache di Android semakin lama semakin besar, dan itu akan berdampak cukup signifikan terhadap performa dari perangkat yang bersangkutan. Kenapa? Selain membebani aplikasi-aplikasi yang terinstal di HH, Cache juga menggerogoti ruang kosong (free spaces) yang ada di penyimpanan perangkat Sobat.

Dengan menghapus cache, secara langsung Sobat melakukan perawatan terhadap Android Sobat.

Berkaitan dengan cache dan sesuai judul artikel saya diatas, saya akan memberikan tutorial yang sangat simpel dan sederhana tentang bagaimana cara menghapus cache di perangkat Android tanpa perlu aplikasi pihak ketiga, dengan kata lain tak perlu aplikasi dari playstore lagi. Lalu apa efek samping yang akan terjadi pada data sistem/ aplikasi jika cache pada perangkat Android dihapus? Tidak akan terjadi kegogrokan/ kerusakan data pada aplikasi yang terinstal di Android Sobat. Kenapa saya bisa tahu? Ya karena saya sering mempraktekkan hal ini dan sampai sekarang, sampai artikel ini saya tulis, tiada masalah yang disebabkan dari penghapusan cache di perangkat Android ini.

Lalu bagaimana caranya menghapus cache di perangkat Android tanpa mendownload aplikasi lagi (tanpa aplikasi pihak ketiga).

  • Pertama buka menu Pengaturan (Settings).

  • Kemudian di pengaturan Perangkat (Device), pilih Penyimpanan (Storage).

  • Kemudian tunggu kalkulasi/ perhitungan sistem tentang memori di perangkat Sobat.



  • Pada Memori Internal dan Memori Eksternal Sobat akan menjumpai Data dalam cache (Cache). Tinggal sentuh kolom Data dalam cache dan akan muncul notifikasi yang kurang lebih seperti ini: [Hapus data dalam cache? Ini akan menghapus semua cache pada aplikasi?] Atau seperti gambar dibawah ini:

  • Kemudian tunggu proses penghapusan cache, jika ukuran Data dalam cache menjadi kecil/ nol berarti proses penghapusan cache telah selesai.


Memori lebih longgar dan space lebih free, serta ruang kosong pada memori lebih besar... Padahal ketiga-tiganya sama, ha-ha-ha... Bagaimana? Mudah bukan cara menghapus cache pada Android tanpa aplikasi tambahan?


---

Terkait:
Cara menghapus cache pada android, cara mengatasi internal android penuh, cara menghapus file sampah di android tanpa root tanpa aplikasi.




Subscribe to receive free email updates: