Welcome to MySide

Cara Mengompres File Menjadi Kecil (Highly Compressed) di Android dengan RAR (WinRAR for Android)

Liang Tekno - Mau upload berkas/ file ke file hosting tapi ukurannya terlalu besar? Ataupun sudah kehabisan ruang kosong di memori smartphone Sobat? Mau dihapus tapi sayang?

Tenang Sob, pada kali ini Liang Tekno akan memberikan settingan terbaik untuk aplikasi RAR (WinRAR for Android) agar menghasilkan file terkompresi dengan tingkat kompresi file tinggi. Maaf nih judulnya sedikit hyperbola, ada embel-embel highly compessed, ha-ha-ha....

Lalu apa keuntungan mengompresi file? Keuntungannya banyak Sob.... Sebagian manfaatnya tertulis diawal artikel ini. Untuk manfaat lainnya silahkan coba cek artikel saya tentang Manfaat-Manfaat Mengompres File.

  • Baiklah, pertama Sobat harus mengunduh dan menginstal aplikasi RAR (Winrar for Android) di Playstore.

  • Kemudian, silahkan siapkan file yang akan dikompresi.

  • Lalu buka aplikasi RAR dan cari file yang akan dikompresi tadi. Tandai (checklist) file tadi, kemudian tekan tombol "add to archive".

  • Kemudian akan muncul tampilan archiving options seperti dibawah ini.silahkan set pengaturan ataupun option nya seperti gambar dibawah ini atau sobat juga bisa mengedit pengaturannya Sesuka Sobat.

Keterangan gambar:
Browse: posisi File hasil kompresi
Dbzsb.rar:nama file
RAR 4.x :versi rar



  • Kemudian atur seperti ini. Kemudian tekan tombol "OK".

  • Setelah itu tunggu proses kompresi sampai selesai.

  • Berikut adalah perbandingan ukuran dari file asli dengan file yang telah saya kompres.

Bagaimana? Ukurannya jauh berbeda kan? Namanya juga best compression.... Perlu diketahui juga gan, jika tidak semua jenis file bisa dikompres menjadi kecil, misalnya video dan mp3. Ada juga file yang jika dikompres dengan cara di atas bisa menghasilkan rasio kompresi yang sangat-sangat tinggi banget sekali, seperti file data aplikasi Android, misalnya Most Wanted (dari 2 GB bisa jadi 600an MB); game/ file ISO, misalnya game PS1 Harvest Moon Back to Nature ( Dari 300 MB bisa menjadi sekitar 50-an MB). Yah semuanya kembali pada poin yang terpenting,  apa itu? tergantung juga amal dan ibadah Sobat.

Demikianlah artikel tentang cara mengompres file menjadi kecil menggunakan Android. Semoga bisa membantu Sobat atau paling tidak semoga memberikan manfaat dikemudian hari. Demikian sampai jumpa.


---


Terkait:
Settingan terbaik untuk mengompres File di Android cara membuat file highly compressed di Android cara menjadikan file besar menjadi kecil cara mengompres File ke rar terbaik menjadi kecil cara mengatur settingan mengompres File menggunakan zarchive agar ukuran file menjadi kecil cara membuat file rar kecil cara menjadikan file besar menjadi kecil menggunakan WinRAR settingan terbaik untuk mengompres File menjadi highly compres cara membuat panas dikompres di Android menggunakan aplikasi RAR for Android Winrar for Android

Subscribe to receive free email updates: