Welcome to MySide

Cek Kondisi Handphone Bekas: Bagian Touchscreen

LIANGTEKNO - Setelah kemarin saya menulis artikel tentang hal-hal yang harus dicek saat ingin membeli smartphone bekas, kali ini saya akan memberi sebuah artikel untuk mengecek kenormalan touchscreen. Karena pentingnya fungsi touchscreen, yang sekarang menjadi navigasi untuk mengopersikan smartphone, saya rasa artikel ini cukup penting untuk disimak bagi Sobat yang ingin membeli ponsel bekas.
Cek Kondisi Handphone Bekas: Chapter Touchscreen
Mengoperasikan layar sentuh handphone
Artikel ini saya tulis untuk sekedar berbagi pengalaman pahit, agar Sobat tidak tertipu seperti saya saat membeli ponsel bekas. Baiklah, untuk mengecek kondisi touchscreen, berikut hal yang bisa Sobat lakukan:

Dalam kondisi handphone mati pencet dan tahan tombol power (seperti menghidupkan hp biasa). Saat proses booting (saat muncul tulisan NOKIA; kalau Nokia ya???) sentuhkan jari Sobat ke layar dan geser-geser jari sampai proses booting selesai. Setelah proses booting selesai, cobalah untuk menggunakan layar sentuhnya. Kemudian cek apakah touchscreen masih bisa berfungsi atau tidak. Kasus ini terjadi pada ponsel saya dulu, dan hasilnya touchscreen tidak bisa dipakai, bisa normal lagi dengan cara direstart/ cabut batre dulu, kemudian lakukan booting tanpa menyentuh layar.

Silahkan cas hp dalam kondisi mati (off), kemudian hidupkan hp tersebut tanpa menyentuh layar hp saat proses booting. Setelah proses booting selesai, cobalah untuk mengecek layar sentuh dengan menyentuh atau menggesernya. Ini adalah minus alias kerusakan di sebuah ponsel yang saya beli 3 tahun lalu, jika ponsel dihidupkan saat di cas  touchscreennya error.

Cobalah mengoperasikan hp dengan keadaan hp dalam proses charging. Jika tidak ada kendala maka hp tersebut lolos tes ini. Jika layar sentuhnya lompat-lompat alias ghost touch berarti satu problem ditemukan. Masalah ini saya alami saat pasca-membeli ponsel merk N (non segel) dan Tablet Merk A saat baterai low (seken tapi masih segel).

Cek Kondisi Handphone Bekas: Chapter Touchscreen
Mengecek layar sentuh saat handphone dicharge

Colokan headset/ kabel data pada slot hp, silahkan coba mengoperasikan layar sentuh pada hp tersebut. Jika layar sentuhnya tidak bekerja berarti one problem detected. Begitu juga sebaliknya. Kerusakan ini saya alami di Ponsel Merk N.

Cobalah menekan layar sentuh hp, tapi jangan terlalu keras nanti LCD-nya kena. Setelah itu cobalah operasikan layar sentuhnya, jika tidak ada masalah ponsel telah lulus tes. Saya dulu pernah punya hp saat ditekan layarnya, mengakibatkan touchscreennya macet.

Saat kondisi layar terkunci/ saat layar ponsel padam, cobalah gosokkan/usapkan jari Sobat ke layar. Kemudian hidupkan kembali layar dan cobalah mengoperasikan touchscreen, apakah masih berfungsi dengan baik/tidak.

Silahkan coba mengetik di ponsel menggunakan keyboard qwerty dalam posisi vertikal dan horisontal saat ponsel dicharge dan dihubungkan dengan jack audio. Ini adalah cara mengecek akurasi touchscreen.

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek fungsi keseluruhan touchscreen, Sobat bisa menggunakan aplikasi Lenovo Companion (Sekarang Lenovo Help). Berikut adalah tampilan aplikasi Lenovo Help saat mengecek kondisi touchscreen.
Tampilan diagnosis touchscreen menggunakan Lenovo Help

Tambahan aja Sob, beberapa ponsel terutama tablet banyak yang layarnya kedap-kedip jika batreinya lemah. Bukan hanya layar yang kedap-kedip, tapi sering bebarengan dengan ghost touches. Cuma share pengalaman buruk aja Sob.

Demikian cara Cek Kondisi Ponsel Bekas: Chapter Touchscreen. Semoga membantu dan Salam Mantap....





Tentang:
Cara mengecek layar sentuh ponsel android windows ipad iphone normal rusak di asus zenfone, asus padfone, nokia lumia, android, htc, motorola, moto, lenovo vibe a vine c, advan vandroid s5e s5i, samsung a3 a a5 a7 a8 grandprime grand duos tab v tab s s2 s3 s4 s5 s7 s6, xiaomi mi4 mi4c mi4s mi4i mi5 mi5c mi5s redmi note 3 pro 4 pro touchscreen rusak touchscreen error.

Subscribe to receive free email updates: