Welcome to MySide

Hal Menarik yang bisa Dilakukan dengan Fitur OTG di Smartphone Sobat

LIANGTEKNO - Tahu OTG Sob? Tentu tahu dong, OTG adalah fitur dari port microUSB ataupun USB Type-C yang mampu membuat perangkat mobile menjadi host untuk perangkat lain yang terkoneksi. Kali ini saya akan memberikan beberapa hal menarik yang bisa Sobat lakukan dengan memanfaatkan fitur OTG pada ponsel Sobat.
Hal Menarik yang bisa Dilakukan dengan Fitur OTG di Smartphone Sobat
OTG
Hal apa saja dan fitur-fitur apa saja yang menarik itu? Yang jelas hal menarik ini bisa Sobat lakukan di smartphone android, iphone, Windows, BlackBerry, ataupun S40? Langsung saja silahkan simak hal menarik yang bisa Sobat lakukan dengan memanfaatkan fitur OTG pada ponsel Sobat dibawah ini.

Membaca penyimpanan eksternal.
Hal Menarik yang bisa Dilakukan dengan Fitur OTG di Smartphone Sobat
Menyambungkan flashdisk ke Smartphone
Yang pertama, Sobat bisa menghubungkan Android dengan penyimpanan portable seperti flashdisk lewat kabel OTG ataupun kartu memori dengan bantuan card reader microUSB, ataupun langsung menancap ke ponsel Sobat jika menggunakan Flashdisk OTG. Bahkan smartphone Sobat bisa membaca sebuah hardisk jika format hardisk FAT32 ataupun sesuai spesifikasi ponsel Sobat.

Memasang Mouse.
Kedua, Sobat bisa memasang mouse wireless Mouse atau wired mouse (mouse kabel) di ponsel Android Sobat sehingga Android Sobat bisa menggunakan Mouse seperti pada perangkat PC ataupun laptop. Bagaimana caranya? Sobat cukup menancapkan receiver wireless mouse/ konektor usb keyboard ke lubsng USB pada kabel OTG yang dipasangkan di ponsel Sobat.

Memasang keyboard.

Bukan hanya sebatas mouse yang bisa sobat pasang di Android Sobat, tapi juga berupa keyboard fisik baik itu wireless ataupun yang kabel. Cara pasangnya juga sama dengan mouse, cukup pasangkan receiver ataupun konektor USB pada keyboard ke port USB di kabel OTG yang terpasang dengan Android Sobat. Dan Sobat pun bisa mengetik menggunakan keyboard fisik.

Memakai stik controller untuk Gaming.

Yup, dengan dukungan OTG pada Android Sobat, Sobat bisa menyambungkan controller seperti stik controller PS3 ataupun PS2 ke ponsel Android Sobat untuk bermain game.

Menghubungkan ke LAN.
Dengan bantuan sebuah aksesoris yang disebut USB to Lan dan kabel OTG. Sobat bisa menyambungkan ponsel Sobat dengan LAN. Sehingga ponsel Sobat bisa menggunakan jaringan LAN. Entah untuk berinternet ria ataupun hal lainnya.

Berbagi Daya.
Handphone Sobat memiliki kapasitas baterai yang besar? Ingin beramal? Cukup bermodal kabel OTG dan sebuah kabel data, Sobat bisa menjadikan ponsel Sobat sebuah sumber daya atau powerbank. Ataupun ponsel Sobat juga bisa digunakan untuk menghidupkan aksesoris yang input sumber dayanya berupa USB, misalnya Speaker PC (USB), kipas USB, senter sikat gigi, dll.


Pengganti jack audio.
Jack audio rusak? Atau malah tidak ada jack audio di ponsel Sobat? Cukup pasang aksesoris USB to Audio Jack ini via kabel OTG.


Menghubungkan ke printer.
Dengan fitur OTG, smartphone Sobat juga bisa menjalin hubungan dengan sebuah printer untuk mencetak dokumen.

Yup, mungkin cukup sekian artikel saya tentang hal menarik yang bisa Sobat lakukan dengan memanfaatkan fitur OTG pada ponsel Sobat. Jika ada hal lain yang terlewatkan tentang hal menarik yang bisa dilakukan oleh fitur OTG silahkan share di kolom komentar Sob.

Subscribe to receive free email updates: