Welcome to MySide

Inilah Hal-Hal yang harus Anda Cek saat Membeli HandPhone Bekas

LIANGTEKNO - Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memeriksa kondisi/ kenormalan ponsel dan tablet. Tips ini bisa Sobat aplikasikan untuk perangkat Java, Symbian ataupun Android.

Inilah Hal-Hal yang harus Anda Cek saat Membeli HP Bekas
Ilustrasi handphone seken

Saya termotivasi untuk menulis artikel ini karena saya  beberapa kali membeli ponsel lewat FJB online selalu menyesal. Kenapa? Karena dulu di PM dan saat COD penjualnya bilang normal alias no minus, otomatis saya mengecek tidak terlalu mendetail karena untuk efisiensi waktu juga, tapi setelah sampai rumah ada minus-minus yang baru nampak.
  • Cek kondisi fisik hp. Periksalah keseluruhan body fisik ponsel apakah ada cacat seperti retak, cuil, dsb.
Inilah Hal-Hal yang harus Anda Cek saat Membeli HP Bekas
Ilustrasi fisik ponsel yang masih bagus

  • Cek apakah perangkat masih segel atau tidak. Lihat stiker segel yang ada pada baut perangkat. Tinggal kita bisa membedakan segel bawaan pabrik atau bawaan konter, atau bahkan segel pasangan sendiri.
  • Bila kelengkapan perangkat lengkap (Fullset), silahkan cek apakah nomer IMEI pada perangkat sama dengan nomor IMEI yang tertera pada dusbox. Jika nomor IMEI tidak sama berarti itu bukan dusbox bawaan perangkat. Atau bisa juga perangkat sudah dioprek oleh tangan pertama atau bisa juga dulu perangkat kehilangan nomor IMEI-nya akibat dioprek. Bisa juga dikarenakan handphone sudah pernah ganti mesin.
  • Cek tombol fisik apakah masih bekerja sesuai fungsinya. Yup, cek tombol-tombol seperti power, volume, home, back, recent apps, dsb.
  • Cek kondisi pengunci kartu memori dan kartu SIM.
  • Cek loudspeaker/ speaker musik. Nggak bisa memungkiri jika banyak speaker ponsel yang bermasalah pada handphone bekas, misalnya ngeprek, pelan ataupun bisa mati.
  • Cek speaker telepon depan dengan membuat panggilan.
  • Cek apakah perangkat bisa digunakan untuk menelepon dan mengirim SMS.
  • Cek apakah perangkat bisa digunakan untuk menjelajah internet (browsing).
  • Cek apakah konektivitas perangkat lancar (bluetooth, WiFi, hotspot, GPS, dll)
  • Cek mikrofon. Untuk pengecekan bisa menggunakan aplikasi perekam suara atau bisa juga dengan menelpon.
  • Cek baterai dan daya. Usahakan saat COD handphone dalam kondisi baterai terisi lebih dari 50%. Hal ini sangat berguna untuk mengecek kerusakan IC charger. Bagaimana caranya? Cobalah cas perangkat saat baterai dalam posisi lebih dari 50%. Jika daya baterai terus meningkat maka tidak ada masalah. Tapi seperti yang saya katakan jika IC casnya rusak, daya pada baterai tidak akan meningkatkan, justru bisa berkurang. Tapi jika dalam posisi 50% Sobat tidak bisa mengecek apakah batre drop atau tidak. Yah, tinggal pintar-pintarnya Sobat saja... Tambahan saja gan, ada beberapa ponsel yang waktu ngecasnya abnormal alias lama, jika biasanya 2 jam penuh, ada yang abnormal hingga 6 jam baru penuh. Saya berbagi pengalaman pahit aja gan...
  • Cek slot headset/ jack 3,5 mm dengan menggunakan headset. Yang penting dari slot headset adalah headset/headphone bisa menyambung dengan ponsel/tablet, tapi tidak bisa dipungkiri jika ada beberapa ponsel yang tidak cocok menggunakan headset tertentu. Kenapa sih harus dicek? Sebab ada ponsel yang jika dicoloki jack audionya terjadi eror pada touchscreennya. 
  • Cek fungsi kamera. Cobalah mengecek apakah ponsel tersebut bisa digunakan untuk mengambil gambar dan mengambil video. Ingat! Cobalah untuk merekam video juga.
Inilah Hal-Hal yang harus Anda Cek saat Membeli HP Bekas
Ilustrasi kamera HP rusak

  • Cek slot usb/ kabel data dengan menyambungkan ke pc. Ini adalah suatu yang cukup ribet tapi saya sarankan Sobat lakukan, meski jarang orang saat COD bawa PC, tapi Sobat akan mengalami kesulitan jika slot usb tidak berfungsi dengan semestinya. Jangan sampai Sobat harus menghabiskan waktu untuk mencari posisi yang pas saat melakukan flashing/sekedar mengecas hp karena kondisi slot usb yang terlalu longgar.
Ilustrasi port microUSB yang bagus

  • Cek fungsi sensor.
  • Sensor grafitasi: Hidupkanlah rotasi layar dan cobalah untuk memiringkan ponsel pada sudut tertentu, misalnya 90 derajat sehingga layar menjadi horisontal.
  • Sensor cahaya: Hidupkan autobrightness dan lakukan pencahayaan disensornya, lihat apakah kecerahan layar meningkat atau tidak.
  • Cek Performa. Untuk mengecek performa silahkan penuhi RAM dengan membuka banyak aplikasi lalu meminimizenya dan hidupkan data seluler lalu mainkan game yang berat. Beberapa ponsel ada yang restart jika suhunya terlalu panas, jangan sampai Sobat memdapat ponsel yang mudah restart.
  • Cek aksesoris. Untuk keamanan dan kenyamanan bersama silahkan cek aksesoris ponsel apakah masik OK atau tidak.

Yah, mungkin untuk melakukan pengecekan diatas cukup lama, jadi siapkan waktu dan tempat anda. Jangan sampai mengalami penyesalan. Yup, mungkin itu beberapa hal yang bisa Sobat cek jika membeli ponsel bekas. Untuk melengkapi Cek Kondisi Ponsel Bekas, silahkan baca cara mengecek kondisi touchscreen ponsel disini. Salam mantap....

Subscribe to receive free email updates: