Welcome to MySide

Inilah Fitur-Fitur Terbaru di Android 7.0 (Android N, Nougat)

Google memperkenalkan beberapa fitur terbaru yang ada di android terbarunya, Android N 7.0 dalam ajang konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2016 di Mountain View, California. Beberapa mengatakan bahwa beberapa fitur di Android N yang dibawa Google tidak terlalu istimewa, sebab sudah ada sebelumnya sebagai fitur bawaan dari vendor ponsel.
Berikut ini adalah fitur-fitur baru yang hadir di Android Nougat:

Peningkatan Fitur Doze
Fitur ini merupakan salah satu trik yang dimiliki generasi pendahulu Android Nougat, Android Marshmallow untuk memperpanjang daya tahan baterai perangkat, yaitu dengan cara membuat seluruh aplikasi dalam sistem ke dalam mode sleep jika perangkat memang sedang tidak dipakai alias standby.


Tampilan Panel Notifikasi Baru
Entah seperti apa tampilannya nanti, kita tunggu saja, hehehe...


Tema Keyboard
Di android Nougat, Google memberikan pilihan bagi penggunanya untuk mengganti tampilan dari keyboard meliputi warna, tema, font bahkan pengguna bisa menjadikan foto sebagai latar untuk keyboard.


Aplikasi Penjelajah File Bawaan yang Lebih Powerful
Fitur powerful antara lain adalah tampilan UI yang lebih elegan, performa dalam manajemen file yang lebih handal dan juga dukungan multitab. Tidak perlu lagi untuk mengunduh aplikasi penjelajah file pihak ketiga seperti ES Penjelajah File jika hanya digunakan untuk aktifitas dasar.


Dapat Menyisipkan Informasi Kontak Darurat ke Dialer
Yup, di Android N kamu bisa menyisipkan informasi tentang dirimu meliputi nama, alamat, golongan darah dan juga nomor darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu ke dialer. Ini akan sangat berguna jika ponselmu hilang dan orang baik menemukannya, hahahaha...


Night Mode
Mode malam kembali lagi, saat kamu mengaktifkannya Android N milikmu akan tampil lebih gelap, sehingga tidak akan menyakiti mata saat kondisi ruangan kurang cahaya.


Multitasking
Pengguna bisa beralih ke aplikasi satu ke aplikasi lainnya hanya dengan mengetuk tombol home dua kali. Aplikasi yang sudah dibuka kemudian akan tampil secara berurutan.
Bila di versi Android sebelumnya pengguna harus menutup aplikasi satu-persatu, kini Google menghadirkan tombol 'close all'. Inilah fitur yang tidak terlalu istimewa yang saya sebutkan diatas.
Ada fitur split screen, yang membuat pengguna Android N nantinya bisa membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lainnya. Misalnya, saat membuka YouTube, video akan tetap berjalan bila membuka aplikasi lainnya dengan tampilan dua layar.


Performa dan Kinerja
Android seri 7.0 ini mengadopsi grafis API baru yang diberi nama Vulkan yang sangat membantu untuk mendorong performa visual yang lebih baik di perangkat android, mengingat teknologi ini sering ditemui di PC gaming.
Sistem operasi ini juga dijanjikan oleh Google akan mengalami peningkatan dari sisi daya tahan baterai yang membuat ponsel lebih hemat.


Subscribe to receive free email updates: