Welcome to MySide

Cara Atasi Error "Memori Perangkat Tidak Mencukupi" pada Android

Jika kamu melihat pesan berbunyi ‘insufficient storage available’ pada smartphone atau tablet android (namun aslinya kamu punya cukup banyak ruang), jangan panik.. cukup ikuti beberapa langkah berikut untuk membersihkan cache ponsel dan kamu bisa download, update dan instal aplikasi sekali lagi beberapa detik kemudian. Inilah cara atasi error "memori perangkat tidak mencukupi" pada android.

Cara Atasi Error "Memori Perangkat Tidak Mencukupi" pada Android

Smartphone kita mungkin dipenuhi dengan berbagai file seperti foto, video, pesan teks dan lain-lain. Hal tersebut tentunya membuat smartphone atau  tablet menjadi lambat atau ruang penyimpanan yang semakin menyempit. Hal tersebut membuat kita memerlukan cara agar smartphone atau tablet dapat berjalan dengan lancar. Bahkan ketika muncul pesan error seperti ‘insufficient storage available’, dimana kamu membutuhkan beberapa cara untuk mengatasinya, dan yang kamu perlukan hanya untuk mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mendownload aplikasi yang mempunyai ukuran sekitar 2MB, namun dapat mengambil lebih banyak ruangan, tergantung ponsel mu. 
  • Jadi jika kamu mempunyai masalah dalam menginstal aplikasi kamu diharuskan menghapus beberapa penyimpanan internal dalam ponsel (bukan pada microSD card), aplikasi dan media lain seperti video atau foto merupakan yang direkomendasikan, bahkan jika kamu mempunyai banyak ruangan yang tersedia.
  • Sekarang kamu telah membebaskan beberapa ruangan, lalu kamu harus pergi ke Google Play Store, cari dan download aplikasi gratis bernama App Cache Cleaner – 1Tap Clean.
  • Apa yang kamu perlukan selanjutnya yaitu bukalah aplikasi dan biarkan scan ponsel android dari penyimpanan cache. Ketika telah di scan kamu bisa menghapus cache secara individual dengan mengklik ikon tempat sampah, atau hapus semua cache aplikasi dengan memilih tombol Clear dibawah layar.
  • Ketika kamu berhasil melakukan ini, dan akhirnya menyediakan banyak ruangan pada smartphone atau tablet android, kamu akhirnya bisa mendownload aplikasi yang kamu inginkan. 
  • Akhirnya kamu dapat mengatasi pesan "insufficient storage available"




Subscribe to receive free email updates: