Welcome to MySide

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Android

Baterai merupakan salah satu subjek paling menjengkelkan, terutama ketika ponsel atau tablet mati akibat performa baterai lemah. Sementara banyak dari kita hidup dalam kekhawatiran pada matinya baterai pada saat beraktivitas, namun kita tidak terlalu peduli pada teknologi baterai yang sedang berkembang, namun terdapat cara-cara agar baterai smartphone kamu awet dan tahan lama (mungkin 3 hingga 5 tahun).  Baterai bukan merupakan barang yang ‘abadi’. Banyak dari produsen smartphone mengklaim rata-rata produk mereka mengisi pada 300-500 perputaran.  Jadi inilah beberapa tips untuk memperpanjang umur baterai smartphone android.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone Android

  • Efek Memori

Pertanyaan besar tentang bagaimana cara mengisi ulang baterai adalah apakah kamu akan mengisi smartphone dari nol sebelum mengisi ulang hingga 100 %. Satu alasan mengapa orang-orang tidak yakin adalah sesuatu yang mereka sering dengar yaitu efek memori. 
Efek memori baterai adalah tentang peringatan pengisian sisa jika kamu tidak membiarkan mereka berjalan dari nol terlalu sering. Maka baterai secara konstan mengisi dari 20% ke 80% yang mungkin ‘terlupakan’ pada 40% yang dibiarkan tidak di isi (0-20% dan 80-100%).

  • Jangan Mengisi Baterai dari Nol Hingga 100 %

Kaidah dari Li-ion baterai adalah membiarkan pengisian 50% atau lebih dari itu. Ketika itu drop dibawah 50% segera kamu isi hingga diatas 50%. Pengisian yang sebentar namun efektif sangat berguna agar baterai smartphone tahan lama.

  • Kapan Saya Harus Mengisi Baterai Secara Penuh?

Para ahli merekomendasikan kamu untuk mengisi baterai dari nol hingga 100 % hanya  sebulan sekali. Ini memungkinkan adanya rekalibrasi ulang pada baterai, sama seperti ketika kamu merestart komputer, atau jika pada manusia sama seperti pergi piknik.
  • Haruskah Saya Mengisi Baterai Semalam Penuh

Mayortitas smartphone baru cukup pintar untuk stop mengisi ketika sudah penuh, jadi tidak ada risiko jika kamu meninggalkan ponsel untuk diisi semalam penuh. Namun beberapa ahli merekomendasikan kamu mencabut ponsel dari casan jika terlalu lama, terutama ketika sudah sangat panas.

Subscribe to receive free email updates: