Welcome to MySide

Inilah Beberapa Cara Mengambil Screenshot di Android

Pada awal kemunculan smartphone android, orang-orang kesulitan dalam mengambil screenshot di layar ponsel, namun kini kemampuan mengambil sebuah screenshot merupakan salah satu fitur wajib dari Sistem Operasi Android. Dalam artikel ini kami akan memperlihatkan beberapa cara mengambil screenshot di Android.

Inilah Beberapa Cara Mengambil Screenshot di Android

Dari mayoritas ponsel dan tablet dengan sistem operasi android, untuk mengambil screensot kamu hanya perlu memencet dan menahan tombol power dan volume down bersama-sama. 

Dibutuhkan sedikit ketrampilan untuk melakukan ini, jika memencet tombol power terlalu cepat maka ponsel akan mati, jika memencet tombol volume down terlalu cepat maka proses screenshot akan gagal. Setelah beberapa detik kamu melakukan itu, maka akan muncul flash dan akan ada pemberitahuan di bar bawah pada layar, memberikanmu pilihan untuk menghapus, share atau edit gambar. Kamu juga bisa mengakses screenshot di galeri.

Jika ponsel yang kamu miliki mempunyai tombol home, sama seperti Samsung Galaxy S6, kamu mungkin akan menemukan beberapa metode yang berbeda untuk mengambil screenshot. Pada Galaxy S6 kamu pencet dan tahan tombol power dan home bersama-sama.

Banyak dari ponsel dan tablet android mempunyai lebih dari satu cara dalam mengambil screenshot. Contohnya pada S6 kamu bisa mengambil screenshot dengan menggeser menggunakan telapak tangan. Kamu bisa mengaktifkan fungsi ini lewat Settings, Motions dan gestures. Usapkan telapak tangan untuk mengambilnya, meskipun metode power-home lebih bisa diandalkan.

Dan pada Sony Xperia Z3 jika kamu memencet tombol power untuk mengakses pilihan menu power, kamu akan menemukan sebuah pilihan tidak hanya untuk mengambil screenshot namun juga menyimpan layar, tentunya sangat keren.

Sceencast bekerja di seluruh ponsel dengan sistem operasi Android Lolipon, meski pada versi awal OS Android membutuhkan ponsel atau tablet yang telah di root dan lalu sebuah aplikasi sceencast diinstal didalamnya. Walaupun Lolipon suport screencast, kecuali jika pabrikan memberikan sebuah akses fungsionalitas (seperti Sony yang telah melakukannya), kamu tetap pelu menginstal aplikasi tersebut.





Subscribe to receive free email updates: