Welcome to MySide

9 Fakta Seputar Usus Buntu ini Pasti Tidak Pernah Kamu Ketahui!

9 Fakta Seputar Usus Buntu ini Pasti Tidak Pernah Kamu Ketahui!
Duniainformasikesehatan.com - Kamu sudah pernah mendengar penyakit usus buntu? Penyakit usus buntu ini biasanya sering membuat penderitanya ke rumah sakit dan terpaksa harus dioperasi.

Namun, meskipun begitu masih banyak orang yang tidak tahu soal usus buntu ini, baik apa itu usus buntu. Disini kami akan menjelaskan beberapa fakta seputar usus buntu yang mungkin banyak belum anda ketahui.

Nah, berikut ini ada 9 fakta seputar usus buntu yang belum pernah kamu ketahui, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Mungkin tidak sia-sia

Usus buntu itu sering dianggap organ yang sia-sia. Tapi sebenarnya usus buntu itu memiliki manfaat dalam meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh kamu.

2. Perbanyak serat, buah-buahan dan sayuran

Semua orang memang memiliki resiko terkena masalah usus buntu. Namun, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk menurunkan resiko komplikasi. Yaitu dengan makan buah-buahan dan sayuran atau memiliki pola makan yang kaya akan serat.

3. Feses dapat menyebabkan masalah usus buntu

Feses dapat menyebabkan masalah usus buntu. Jika BAB kamu tidak lancar maka feses akan menyumbat ujung usus buntu sehingga menyebabkan masalah usus buntu.

4. Rasa sakit dimulai di sekitar pusar

Rasa sakit akibat usus buntu biasanya akan berkisar disekitar pusar lalu pindah ke sisi kanan perut. Rasa sakit usus buntu ini sulit dibedakan dengan rasa sakit akibat haid. Jika kamu sering merasakan sakit dari pusar lalu pindah ke sisi kanan perut maka segeralah periksa ke dokter.

5. Risiko masalah usus buntu lebih rendah pada wanita

Resiko masalah usus buntu lebih rendah terkena pada wanita dari pada pria. Tidak jelas kenapa, mungkin karena wanita lebih banyak mengonsumsi lebih banyak serat.

6. Usus buntu adalah masalah darurat perut yang paling umum terjadi

Usus buntu adalah masalah darurat perut yang paling umum terjadi. Penyebab yang paling umum dari semua jenis sakit perut adalah usus buntu.

7. Tetapi kasusnya semakin berkurang

Saat ini usus buntu kasusnya semakin berkurang. Ini mungkin karena peningkatan asupan serat di masyarakat.

8. Mengangkat usus buntu adalah prosedur yang cukup mudah

Sebenarnya mengangkat usus buntu itu adalah prosedur yang cukup mudah. Jika kamu sampai ke rumah sakit pada waktu yang tepat, maka dokter akan bisa mengangkat usus buntu kamu dengan metode laparoskopi-alias tidak ada sayatan besar dan tidak ada bekas luka. Bahkan, seluruh prosedur hanya memakan waktu sekitar delapan menit saja.

9. Kecuali usus buntu kamu pecah

Jika usus buntu kamu pecah maka masalahnya akan menjadi lebih rumit dan lebih berbahaya lagi. Usus buntu ini seperti jerawat di perut dan usus buntu akan bisa pecah dan semua kotoran atau bakteri akan keluar.

Itulah dia ke sembilan fakta tentang usus buntu yang belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ya..

Subscribe to receive free email updates: