Welcome to MySide

Pengertian dan Manfaat Asuransi

Maraknya kecelakaan yang terjadi saat ini menimbulkan keresahan bagi kebanyakan orang. Kecelakaan seringnya terjadi secara tiba-tiba tanpa diduga. Tak jarang nyawapun menjadi taruhannya.
Mengantisipasi kecelakaan yang sering terjadi secara tiba-tiba, dewasa ini mulai bermunculanlah perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan jasanya. Hal  ini tentu saja dilatar belakangi oleh berbagai keresahan pada orang-orang yang disayang jika sewaktu-waktu bahaya menimpa, seperti kecelakaan. 
Lalu sebenarnya apa itu pengertian asuransi yang sebenarnya? Dan sejauh mana asuransi memberi manfaat bagi orang-orang? 

Manfaat dan pengertian asuransi
Ilustrasi img : http://majalahasuransi.blogspot.co.id/

Pengertian Asuransi
Asuransi adalah pertanggungan yang berasal dari kata insurance dalam bahasa Inggris. Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara pihak tertanggung atau nasabah dengan penanggung di dalam perusahaan asuransi. 
Dalam hal ini, pihak penanggung dari perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin dialami oleh pihak tertanggung/ nasabah di masa depanya. Namun sebelumnya nasabah harus terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran uang atau sering disebut dengan premi. 
Kebanyakan di Indonesia yang ada adalah asuransi jiwa. Dalam artian yang ditanggung dalam perjanjian asuransi adalah individu atau pihak yang ada dalam keluarga.  Pada dasarnya asuransi jiwa sendiri adalah memberikan proteksi terhadap orang perindividu atas kerugian finansial yang tidak terduga. 
Kerugian yang tidak terduga sendiri adalah berupa kematian yan mendadak, cacat tetap total, atau sudah tidak produktif (tua) atas seseorang yang mengakibatkan hilangnya penghasilan. 
Jadi secara gamblangnya, pengertian asuransi adalah sesuatu yang bisa melindungi Anda maupun keluarga Anda jika sewaktu-waku meninggal dunia atau sudah tidak produktif lagi.
Anda di masa tua nantinya, jika sudah tidak bisa lagi menghasilkan finansial untuk kebutuhan keluarga, asuransi ada untuk memberikan santunan atau pertanggungan kepada keluarga Anda. Atau jika Anda meninggal misalnya, keluarga yang Anda tinggalkan juga bisa diberikan pertanggungan dari premi yang tiap bulan Anda bayar. 
Baca juga : 
Hukum Asuransi Dalam Islam Halal ataukah Haram? Ini Penjelasannya
Manfaat Asuransi
Dari pengertian asuransi di atas, maka sebenarnya ada banyak manfaat yang Anda dapatkan jika mau mengasuransikan diri Anda dan keluarga Anda. Lalu apa saja sih manfaat asuransi itu sendiri? 
Ada beberapa manfaaat yang bisa Anda rasakan setelah Anda mengambil asuransi di perusahaan asuransi yang telah Anda pilih. Di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Alat menabung
Manfaat asuransi sebagai alat untuk menabung. Menggunakan jasa asuransi sama halnya Anda menabung untuk masa depan. Melatih diri untuk menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan dalam bentuk lain untuk jangka depan.

2. Alat investasi
Sama halnya dengan menabung, manfaat dari asuransi adalah Anda berinvestasi untuk masa depan. Selain untuk memproteksi diri, keuntungan dari investasi ini bisa Anda gunakan di kemudian hari jika Anda sedang membutuhkan. 

3. Alat pengelola resiko
Tidak ada orang di dunia ini yang mau mendapatkan musibah secara tiba-tiba. Baik itu karena kecelakaan, bencana alam atau sebagainya. Tapi yang namanya takdir, memang tidak ada yang tahu. 
Untuk melindungi hal-hal yang tidak diinginkan, asuransi hadir sebagai alat untuk menanggulangi resiko yang tidak diinginkan. Jika sewaktu-waktu terjadi musibah, asuransi ada unuk menanggung resiko yang Anda tanggung. 
Jadi dengan asuransi ini, resiko Anda sedikit berkurang. Anda tidak perlu khawatir lagi memikirkan masalah biaya atau sebagainya.

4. Alat Perancang
Alatperancang yang dimaksud di sini adalah manfaat asuransi sebagai perancang rencana masa depan. Tidak ada yang tahu kapan maut akan menjemput, tapi agar orang yang Anda tinggalkan tidak sengsara, asuransi ada untuk merancang masa depan Anda agar tidak menyedihkan.

5. Alat penenang.
Manfaat asuransi juga bisa sebagai alat penenang. Alat yang digunakan untuk menenangkan pikiran dan hati Anda akan nyaman dan tentram. Jika suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda tidak perlu terlalu merisaukan bagaimana menanggulangi ke depannya.

Pikiran dan hati yang nyaman serta tentram ini wajar jika Anda sudah mengasuransikan diri dan keluarga Anda. Kehidupan yang terjamin ke depannya mungkin menjadi sebab nyaman dan tentramnya hati serta pikiran Anda. 

Itulah pengertian dan manfaat asuransi, semoga memberikan manfaat yang berarti bagi pembaca untuk mau mengasuransikan diri. 

Subscribe to receive free email updates: