Welcome to MySide

Mengatasi anak yang sifatnya membandel

Setiap anak tentunya memiliki karakter yang berbeda beda. Ada yang penurut ada juga yang membandel ada pendiam ada juga yang aktif. Dalam satu keluarga saja terkadang sifatnya tidak sama. Menghadapi buah hati yang susah diatur dan membandel memang butuh kesabaran ekstra. Berikut mengatasi anak yang membandel :

anak bandel dan nakal

1. Hindari kata kata nakal 

Jika anak anda membandel jangan langsung memberinya label nakal. Kata kata nakal biasa diucapkan oleh para orang tua yang mendapati anaknya membandel. Menghadapi anak yang membandel memang butuh kesabaran yang dobel. Terkadang anak akan hilang kepercayaan dirinya jikadi judge nakal. Alangkah baiknya dekati buah hati anda ajak bicara dengan nada bicara yang lembut dan penuh kasih sayang. Dengan begitu anak anak akan merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya, cara ini bisa menumbuhkan kepercayaan dirinya.

2. Usahakan selalu ada waktu untuk keluarga anda

Jadilah orang tua yang selalu ada untuk buah hati anda. Meski terkadang tuntutan pekerjaan menghalagi kita untuk tetap selalu ada untuk keluarga usahakan meluangkan waktu walaupun hanya sebentar. Jadikan waktu anda bersama keluarga benar benar berkualitas. Bisa saja anak yang kurang perhatian dari orang tuanya sehingga berulah untuk mendapakan perhatian dari orang tuanya.

3. Hindari kata kata kasar 

Anak kecil mudah sekali meniru maka dari itu jangan mengunakan kata kata kasar untuk memarahi anak anak. Gunakan kata kata yang halus agar anak tidak merasa lebih diperhatikan sehingga anak lebih segan pada orang tua.

4. Jangan sekali kali mengunakan kekerasan saat sedang marah pada sikecil

Jengkel adalah suatu hal yang lumrah saat anak kita membandel namun mengunakan catra kekerasan untuk memarahinya bukanlah tindakan yang benar. Maksut hati agar anak takut pada kita namun tindakan kekerasan justru bisa membuat tingkah anak semakin menjadi bahkan bisa jadi anak meniru tindakan orang tua.  

Subscribe to receive free email updates: