Welcome to MySide

6 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Duniainformasikesehatan.com - Mungkin tidak banyak kalangan yang mengetahui berbagai macam manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya tak heran, karena selama ini tidur siang sendiri kerap dianggap sebagai salah satu aktivitas yang biasanya dilakukan oleh pemalas. Padahal sebenarnya, terdapat sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan dari tidur siang.

Ya, karena sebenarnya tidur siang sendiri tentu tidak selamanya dilakukan oleh pemalas. Tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga segar, namun masih terdapat cukup banyak manfaat lain yang dapat dirasakan. Penasaran dengan berbagai macam manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh? Mari kita temukan bersama jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Meningkatkan Daya Ingat

Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Califormia, diketahui bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Hal tersebut karena saat tidur siang hubungan saraf di otak yang membentuk ingatan akan semakin kuat. Dengan begitu, seseorang pun akan lebih mudah untuk mengingat berbagai macam hal dengan teratur tidur siang walaupun hanya sebentar atau tidur siang singkat.

Baca Juga : Inilah 7 Aktivitas yang Menyehatkan Selain Olahraga

Mengurangi Stres

Jika Anda kerap merasakan stres akibat pekerjaan, maka salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan tidur siang. Pasalnya saat tidur siang, tingkat produksi hormon yang menyebabkan stres seperti kortisol akan lebih ditekan. Dengan begitu, tingkat stres yang dirasakan pun akan berkurang. Tidak perlu waktu yang lama, hanya dengan 20 menit tidur sang saja sudah cukup untuk mengurangi tingkat stres Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak hanya untuk kesehatan otak, namun tidur siang juga ternyata dapat membantu menyehatkan jantung. Pasalnya saat tidur siang, tekanan darah akan cenderung stabil sehingga membuat kinerja jantung menjadi semakin ringan. Dan menurut penelitian yang pernah dilakukan di Yunani, mereka yang biasa tidur siang dengan teratur memiliki risiko yang cenderung lebih rendah mengalami kematian karena penyakit jantung.

Meningkatkan Imun Tubuh

Aktivitas seperti tidur atau beristirahat sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, tidak terkecuali pada tidur siang. Salah satunya seperti dapat meningkatkan imun tubuh atau daya tahan tubuh. Pasanya saat tidur, tubuh akan mengalami proses metabolisme yang meregenerasi sel-sel tubuh untuk dapat melawan berbagai infeksi yang menyerang. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun akan meningkat dan tidak mudah sakit.

Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati yang tidak baik memang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yang berbeda-beda. Jika Anda bingung dalam mengatasinya, maka Anda dapat mencoba untuk tidur siang. Karena selain menghilangkan stres, tidur siang juga ternyata dapat membantu memperbaiki suasana hati. Pasalnya setelah tidur siang, maka tubuh akan merasa lebih bugar dan segar. Dengan kondisi tersebut, maka suasana hati Anda pun dapat menjadi lebih baik.

Baca Juga : Inilah 8 Tips untuk Tetap Cantik di Perjalanan, Mudah dan Praktis!

Menignkatkan Produktivitas

Jika Anda merasa tingkat produktivitas sudah mulai menurun, maka selain beristirahat maka Anda juga dapat mencoba untuk tidur siang. Karena dalam kondisi tersebut, jika dipaksakan bekerja maka tidak akan memberikan hasil yang optimal. Untuk itu, jika ingin produktivitas meningkat dan segar kembali maka cobalah untuk tidur siang saat sudah kelelahan dan tingkat stres memuncak.

Itulah enam manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh yang telah kita ketahui bersama. Tidur siang tentu saja tidak selalu identik dengan pemalas, karena sebenarrnya tidur siang sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: