Welcome to MySide

Ini 6 Manfaat Keju untuk Kesehatan yang Sangat Sayang untuk Dilewatkan

Ini 6 Manfaat Keju untuk Kesehatan yang Sangat Sayang untuk Dilewatkan
Duniainformasikesehatan.com - Tentunya ada banyak manfaat keju untuk kesehatan yang sebenarnya sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti yang telah kita ketahui, keju adalah jenis makanan olahan yang terbuat dari susu dan memiliki beragam bentuk serta rasa. Untuk itulah mengapa kandungan yang terdapat di dalam keju sendiri dikatakan masih sama dengan kandungan yang dimiliki oleh susu.

Bagi sebagian kalangan, keju mungkin menjadi jenis makanan yang harus dihindari. Ya, khususnya untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi dan juga kolesterol. Namun bagi mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun, justru keju akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khususnya bagi kalangan usia anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Sebenarnya, asalkan tidak di konsumsi secara berlebihan, keju dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat keju untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Karena merupakan jenis makanan olahan susu, maka jangan heran jika keju juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Selain untuk kesehatan tulang, tentu saja kalsium juga sangat dibutuhkan untuk gigi yang kuat. Mengkonsumsi keju juga tidak akan merusak gigi, pasalnya keju diketahui memiliki kandungan laktosa yang rendah. Dan semakin tua umur keju, maka dipastikan semakin kecil juga kadar laktosa yang dimilikinya.

Baca Juga : 8 Khasiat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi, akan tetapi keju juga diketahui memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Maka dari itu dengan mengkonsumsi keju secara rutin dan teratur akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Pasalnya kandungan vitamin B yang terdapat di dalam keju tersebut dpat membantu proses penyerapan serta peredaran kalsium pada tulang.

Mencegah Penyakit Osteoporosis

Ya, manfaat lain yang juga masih berhubungan dengan poin-poin di atas adalah dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis. Tingginya kandungan kalsium dan vitamin B yang terdapat pada keju diketahui dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang sehat dan kuat, maka kondisi seperti pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis akan dapat dicegah. Maka dari itu mengapa keju disarankan untuk anak-anak dan kalangan lanjut usia.

Meningkatkan Berat Badan

Bagi Anda yang kurang gemar minum susu namun ingin meningkatkan jumlah berat badan maka dapat mencoba mengkonsumsi keju sebagai salah satu alternatif lainnya. Pasalnya di dalam keju terdapat kandungan seperti protein, lemak, vitamin, kalsium dan juga mineral. Sehingga untuk Anda yang kekurangan berat badan ideal, maka dapat mengkonsumsi keju yang sebaiknya juga diikuti dengan olahraga dan pola hidup yang sehat.

Mencegah Kanker

Percaya atau tidak, ternyata keju juga dapat mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh. Hal tersebut diketahui karena keju mengandung senyawa Konjugasi Asam Linoleic yang dapat berfungsi untuk menangkal dan menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Senyawa tersebut memang dapat menjadi senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya.

Baca Juga : 6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Menghasilkan ASI Berkualitas

Selain sangat bermanfaat untuk anak-anak, ternyata keju juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan kandungan beragam jenis vitamin dan juga mineral di dalam keju, maka olahan susu ini dapat menghasilkan ASI yang berkualitas saat dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh ibu hamil dan menyusui. Namun ingat, batasi juga jumlahnya dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan agar tidak mempengaruhi berat badan.

Itulah beberapa manfaat keju untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Memang tidak semua kalangan mungkin akan menyukai jenis makanan olahan susu ini, namun sebaiknya konsumsilah keju jika Anda ingin memiliki tubuh yang kuat dan juga sehat. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: