Welcome to MySide

Inilah 6 Cara Mengendalikan Emosi Agar Tidak Membahayakan Kesehatan

Inilah 6 Cara Mengendalikan Emosi Agar Tidak Membahayakan Kesehatan
Duniainformasikesehatan.com - Bagaimanakah cara mengendalikan emosi yang benar? Ya, dapat dipastikan bahwa seitiap individu akan selalu memiliki emosi atau amarah. Hanya saja, sebagian ada yang dapat mengendalikan emosi tersebut namun tidak sedikit juga yang tidak dapat mengendalikannya. Dan tahukah Anda? Bahwa emosi yang berlebihan juga memang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Maka dari itu mengapa Anda harus dapat mengendalikan emosi atau amarah Anda jika tidak ingin kesehatan tubuh terganggu. Melampiaskan emosi atau amarah memang merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menenangkan perasaan. Namun jika berlebihan, maka efek samping negatifnya yakni membuat tekanan darah semakin meningkat hingga memicu kondisi seperti stroke.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara melampiaskan emosi atau amarah yang tidak membahayakan kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin mencoba mengendalikan emosi, maka dapat mencoba beberapa cara mengendalikan emosi berikut ini.

Melakukan Yoga

Ya, cara yang satu ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling tepat untuk mengendalikan sekaligus melampiaskan emosi. Karena yoga merupakan latihan pernapasan, maka energi di dalam tubuh dapat dikendalikan dengan baik. Sehingga enegeri negatif seprti emosi yang ada di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Seperti salah satu contoh gaya yang dapat dicoba adlah gaya Savasana.

Baca Juga : Inilah 8 Tips untuk Tetap Cantik di Perjalanan, Mudah dan Praktis!

Tarik Nafas

Selain dengan senam yoga, menarik nafas saat emosi memuncak juga dikenal sebagai salah satu cara yang paling ampuh dalam mengendalikan emosi. Luapkan emosi Anda melalui nafas yang dikeluarkan setelah Anda menarik nafas panjang. Lakukan cara tersebut hingga beberapa kali sampai emosi Anda mereda. Cara ini juga mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu cara pengendalian emosi yang paling mudah dan cepat.

Mendinginkan Tubuh

Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan emosi sekaligus melampiaskannya adalah menggunakan media seperti air dingin. Membasuh seluruh tubuh Anda menggunakan air dingin atau hanya sekedar membasuh muka dengan air pun diketahui dapat meredakan emosi. Dengan cara tersebut, ketegangan sekaligus amarah dapat Anda kendalikan dengan sangat baik.

Mengekspresikan Amarah

Amarah memang sebaiknya tidak dipendam, namun bukan berarti Anda dapat melampiaskannya se-enaknya. Agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, maka Anda dapat mengekspresikan amarah atau emosi yang tengah dirasakan melalui bentuk seni. Seperti contohnya melalui gerakan tari, menggambar, atau melukis. Dibandingkan dengan berteriak atau memukul hingga melempar barang, sudah tentu cara ini lebih bermanfaat dan tidak berbahaya.

Beristirahat

Jika emosi Anda memuncak saat tengah melakukan pekerjaan atau beraktivitas, maka cobalah untuk beristirahat terlebih dahulu untuk meredakan emosi. Pasalnya jika Anda meneruskan aktivitas Anda, hal tersebut hanya akan membuat emosi dan amarah Anda memuncak. Untuk itulah sebaiknya Anda beristirahat agar dapat meredakan serta mengontrol emosi atau amarah Anda dengan lebih baik.

Baca Juga : Bingung Mencari Lipstik Matte? Inilah 7 Merk Lipstik Colour Matte Terbaik Tahun 2016

Mencoba Berperilaku Tenang

Tahap ini mungkin hanya dapat dilakukan oleh Anda yang suda mampu mengontrol amarah atau emosi dengan baik. Ya, berperilaku sebaliknya saat sedang emosi atau marah memang tidaklah mudah. Namun menurut ahli psikologis berpendapat bahwa berbicara lembut dan tersenyum saat emosi memuncak justru dapat meredakan amarah dan mengonstrolnya dengan mudah. Selain itu, terdapat banyak nilai plus untuk Anda jika sudah dapat melakukan tahap ini saat sedang emosi.

Itulah beberapa tips dan juga cara mengendalikan emosi agar tidak membahayakan kesehatan tubuh Anda. Memang tidaklah mudah, namun cara-cara tersebut dipastikan akan membuat kesehatan Anda terjaga dengan baik. Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: