Welcome to MySide

Hindari 8 Jenis Makanan yang Tak Baik untuk Kesehatan Otak Ini!

Hindari 8 Jenis Makanan yang Tak Baik untuk Kesehatan Otak Ini!
Duniainformasikesehatan.com - Percayakah Anda? bahwa hingga saat ini sebenarnya terdapat cukup banyak jenis makanan yang tak baik untuk kesehatan otak dan ingatan Anda. Pada dasarnya, makanan memang akan menjadi salah satu sumber energi terbesar untuk tubuh Anda. Namun di sisi lain, makanan juga dapat menjadi bumerang yang dapat membahayakan tubuh hingga menimbulkan beragam penyakit.

Sebut saja salah satunya bagi fungsi otak. Menurut studi penelitian yang pernah dilakukan, terdapat beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan otak. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tak baik untuk kesehatan otak dan berdampak buruk bagi tingkat kecerdasan Anda.

Gula

Selain dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, ternyata konsumsi gula berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan otak Anda. Kadar gula yang sangat tinggi di dalam darah dapat mempengaruhi kemampuan serta memori untuk mengingat dan mempelajari sesuatu. Hal tersebut karena kadar gula yang berlebihan di dalam darah dapat membatasi penggunaan sel otak hingga menyebabkan penurunan aktivitas sel otak.

Baca Juga : 6 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Garam

Tidak hanya menyebabkan penyakit berbahaya seperti hipertensi dan denyut jantung, kelebihan kadar garam di dalam tubuh juga dapat berpengaruh pada fungsi kognitif. Dan hal tersebut juga akan mengurangi kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Untuk itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu asin atau banyak menggunakan garam.

Makanan Cepat Saji

Ya, dilihat dari sisi mana pun, makanan cepat saji memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yakni untuk kesehatan otak Anda. Mengkonsumsi junk food dalam jangka waktu yang lama diketahui dapat menyebabkan kehilangan memori. Untuk kasus yang sudah parah, kondisi tersebut juga biasanya akan menjadi pemicu penyakit alzheimer.

Gorengan

Kandungan lemak jenuh pada jenis makanan berminyak seperti gorengan tidak hanya dapat menyebabkan penyakit seperti kolesterol saja, namun ternyata juga dapat membuat kesehatan otak Anda terganggu. Terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang di goreng diketahui dapat membuat kemampuan otak seseorang melemah.

Makanan Olahan

Kendati menggunakan bahan seperti daging alami, namun tetap saja beragam jenis makanan olahan biasanya akan dicampur dengan zat aditif, pengawet, perasa buatan, hingga pewarna makanan. Hal tersebut juga diketahui dapat mempengaruhi fungsi dan perilaku kognitif yang membuat kinerja otak menurun. Atau dengan kata lain dapat membuat seseorang menjadi bodoh.

Popcorn

Percaya atau tidak, makanan ringan seperti popcorn diketahui memiliki kandungan seperti asam perfluorooctanioc atau PFOA. Dimana kandungan tersebut juga ditemukan pada barang-barang seperti panci dan pot teflon. Dan rata-rata, makanan ringan seperti popcorn akan dicampur dengan zat seperti diacetyl yang diketahui dapat memecah lapisan-lapisan sel yang melindungi otak.

Tahu

Dari beberapa jenis makanan di atas, mungkin makanan yang kerap dianggap sebagai salah satu makanan sehat ini justru cukup mengejutkan. Namun pernah terdapat studi penelitian yang menyebutkan, bahwa mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang banyak dapat mempengaruhi kesehatan otak. Terdapat risiko hingga kehilangan memori saat mengkonsumsi tahu berlebihan.

Baca Juga : 7 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Mentega dan Daging Merah

Lemak jenuh yang terkandung pada daging merah dan mentega juga ternyata dapat mempengaruhi fungsi otak serta memori. Seseorang yang mengkonsumsi banyak lemak jenuh darri jenis makanan tersebut dikatakan memiliki risiko yang cukup besar mengalami penurunan fungsi otak serta memori. Karena memang kandungan lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh, tidak terkecuali pada fungsi otak.

Demikian di atas tadi adalah delapan jenis makanan yang tak baik untuk kesehatan otak dan juga akan mempengaruhi tingkat memori di otak. Kendati makanan merupakan sumber energi utama, namun tetap saja sebaiknya berhati-hati dan selektif ketika akan mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semua.

Subscribe to receive free email updates: