Welcome to MySide

Inilah 7 Cara Alami Atasi Tekanan Darah Rendah yang Efektif

Inilah 7 Cara Alami Atasi Tekanan Darah Rendah yang Efektif
Duniainformasikesehatan.com - Beberapa cara alami atasi tekanan darah rendah berikut ini merupakan cara efektif mengatasi tekanan darah rendah tanpa harus mengkonsumsi jenis obat-obatan. Jika Anda kerap merasa pusing atau merasa mata seperti berkunang-kunang tanpa penyebab yang jelas, maka terdapat kemungkinan Anda menderita tekanan darah rendah.

Tentu saja kondisi tersebut sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, karena jika dibiarkan maka dapat berpotensi menimbulkan banyak gangguan atau keluhan pada tubuh. Beberapa fungsi tubuh tidak akan dapat berfungsi dengan benar, dan beberapa gejala yang biasanya akan dirasakan antara lain seperti mudah lelah, mudah mengantuk, bahkan hingga pingsan.

Baca Juga : Balita 2 Tahun Meninggal Setelah Makan Snack Ini, Berhati-hatilah Para Orang Tua!

Penyebabnnya sendiri tentu saja beragam dan bermacam-macam. Dan untuk bisa mengatasinya, maka Anda dapat mencoba beberapa cara alami atasi tekanan darah rendah berikut ini tanpa harus mengkonsumsi jenis obat-obatan.

Meningkatkan Asupan Sodium
Salah satu cara alami mengatasi tekanan darah rendah adalah meningkatkan konsumsi sodium. Seperti contohnya garam, karena diketahui garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah serta volume darah. Maka dari itu bagi penderita tekanan darah rendah sebaiknya meningkatkan asupan garam ke dalam tubuh, namun tentu saja sewajarnya dan tidak berlebihan.

Jangan Lupakan Sarapan
Salah satu faktor pernyebab hypotension atau tekanan darah rendah adalah kurangnya asupan gizi ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, biasakanlah sarapan pada pagi hari agar tubuh mendapatkan asupan energi yang cukup hingga saat makan siang. Terlebih jika memiliki banyak aktivitas yang akan menguras tenaga, maka sudah tentu sebaiknya sarapan pagi jangan sampai dilupakan.

Konsumsi Makanan Seimbang

Yang dimaksud dalam point ini adalah sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Dimana makanan yang dikonsumsi sebaiknya memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan juga protein yang cukup tinggi. Lengkapi juga dengan buah dan sayuran, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan sempurna.

Istirahat Secara Teratur
Penderita hypotension pada umumnya akan merasa mudah lelah karena aliran darah di dalam tubuh yang tidak teratur. Kapasitas aliran darah mengalir biasanya akan memiliki jumlah yang lebih sedikit, oleh sebab itu penderita tekanan darah rendah sebaiknya beristirahat secara teratur khususnya pada saat kelelahan.

Banyak Minum
Mempertahankan cairan di dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi juga merupakan salah satu cara alami yang tepat untuk menjaga agar tekanan darah normal. Dengan asupan banyak cairan ke dalam tubuh, maka darah pun akan menjadi lebih encer dan mudah mengalir ke seluruh tubuh. Maka dari itu dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral 2 hingga 3 liter setiap harinya.

Aktif Saat Bangun Tidur
Bagi para penderita hypotension, maka sebaiknya dapat lebih aktif ketika baru bangun tidur. Agar darah dapat mengalir dan aliran darah tidak tersumbat, maka lakukan beberapa gerakan olahraga ringan seperti menggerak-gerakan lengan, kepala, hingga kaki. Dengan melakukan kebiasaan tersebut saat masih di atas tempat tidur, maka aliran darah pun dapat berjalan lebih lancar.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Kenapa Pria Lebih Beresiko Terkena Diabetes Tipe 2

Hindari Kepanasan
Selain berpotensi memicu terjadinya dehidrasi, udara yang sangat panas juga dapat memicu timbulnya rasa pusing bagi para penderita hypotension. Saat kepala merasa pusing karena udara yang sangat panas, maka pandangan pun akan cenderung ikut berkunang-kunang. Bahkan dapat juga hingga pingsan karena tubuh yang tidak kuat menahan tekanan cuaca tersebut.

Itulah 7 cara alami atasi tekanan darah rendah tanpa harus mengkonsumsi obat dan dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika dapat mengatasi penyakit tanpa harus menggunakan obat-obatan terlebih dahulu, tentu saja lebih baik dicoba. Karena setiap penggunaan jenis obat-obatan tentu akan selalu terdapat efek samping bagi tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates: