Welcome to MySide

Inilah Langkah Cepat Atasi Android Lemot Tanpa Root

Ilustrasi android lemot

Liang Tekno - Lemot adalah suatu hal yang sering terjadi pada perangkat Android, terutama bagi perangkat entry level. Tapi tahukah Sobat, bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa smartphone Android sebagai solusi mengatasi kelemotan yang terjadi. Jadi, pada kali ini saya akan memberikan cara mempercepat kinerja perangkat Android Sobat tanpa perlu ROOT, entah itu pada handphone atau tablet Android Sobat.

Pertama, kosongkan atau legakan memori internal perangkat Android Sobat.
  • Hapus file-file yang Sobat rasa tidak berguna.
  • Pindahkan file-file seperti musik dan video ke memori eksternal (Kartu SD).
  • Hapus aplikasi yang tidak Sobat gunakan.

Kedua, bersihkan cache pada memori internal dan kartu SD.
Pergi ke menu Setelan/Pengaturan/Setting > Penyimpanan/Storage > Gulir kebawah lalu sentuh Cache. Untuk tutorial lengkapnya bisa Sobat lihat disini ---> Cara Cepat dan Mudah Menghapus Cache pada Android Tanpa Aplikasi. Atau Sobat juga bisa menghapus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ketiga, batasi aplikasi yamg berjalan di latarbelakang.
Masuk ke menu Setelan > Opsi Pengembang > Proses yang berjalan di latar belakang > pilih "1 proses" atau "tidak ada proses latar belakang". Kurang jelas? Untuk tutorial lengkapnya bisa Sobat lihat disini.

Kurangi/ matikan skala animasi.
Masuk ke menu Setelan > Opsi Pengembang > Kurangi/ matikan skala animasi.

Legakan memori eksternal (Kartu SD).
  • Hapus file-file yang sekiranya tidak Sobat gunakan atau pindahkan file-file yang tidak Sobat gunakan ke komputer.
  • Hapus folder ".thumbnail" di sdcard/DCIM/.thumbnail <--- folder ini. Folder tidak ada? Silahkan aktifkan mode "Show hidden folder/Perlihatkan folder tersembunyi" pada aplikasi file manajer Sobat.

Update aplikasi di smartphone-mu
Logikanya jika sebuah aplikasi diupdate oleh pengembangnya dipastikan ada update fitur serta perbaikan bug (bugless) dan performa. Meski tak bisa dipungkiri juga ada beberapa aplikasi yang bermasalah di suatu perangkat setelah update.

Demikianlah cara-cara yang saya ketahui tentang cara meningkatkan performa pada Android tanpa ROOT, jika Sobat memiliki tips atau trik lainnya silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: